Ricky Setiawan -
Kusnadi Chahyono -
Kusnadi Chahyono -
Kusnadi Chahyono -
Ricky Setiawan -
Ricky Setiawan -
Ricky Setiawan -
Ricky Setiawan -

Tips Perawatan Motor Matik Sebelum Mudik

Ricky Setiawan -
Tips Perawatan Motor Matik Sebelum Mudik

JAKARTA (JackBiker)–Mudik atau pulang kampung saat lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap menjelang hari raya idul fitri. Sarana angkutan atau kendaraan yang digunakan oleh pemudikpun berbeda-beda Jack, ada yang mengguna angkutan umum, mobil pribadi, pesawat bahkan sepeda motor. Membicarakan soal mudik, Oom Jack punya tips dan saran bagi kalian yang mudik menggunakan sepeda motor, khususnya pengguna motor skuter otomatik (Skutik).

Sebelum kalian melakukan perjalanan mudik menggunakan motor matik, ada beberapa hal yang musti kalian perhatikan pada tunggangan kalian Jack, supaya perjalanan kalian nyaman dan motor tetap prima. Berikut ini beberap piranti yang msuti dicek sebelum berangkat mudik.

1.Cek V-Belt.
Piranti yang berfungsi sebagai penghubung tenaga putar yang diperoleh dari crankshaft (mesin) menuju ke As roda belakang ini sangat penting untuk diperhatikan Jack. Prikasa V-belt lihat apakah sudah mengalami retak-retak apa belum. Menurut Rudi, mekanik Sumber Motor, V-belt biasanya akan mengalami retak-retak jika sudah menempuh jarak 15.000-20.000 km. Saran Rusi, jika sudah mengalami keretakan pada V-belt sebaiknya diganti, apalagi jika akan diperlukan untuk perjalanan jauh seperti saat mudik.

2.Cek Kondisi Roller
Fungsi roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan sebuah perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak.Jika Roller sudad tidak rata lagi, sebaiknya ganti, bila roller yang sudah benjol tetap digunakan bisa berdampak sistem pada CVT cepat rusak.

3.Busi
Piranti yang satu ini juga perlu diperhatikan Jack, busi sebagai sumber api jangan sampai mengalami mogok di jalan.jika kondisinya masih baik, bersihkan busi dan setting ulang kerenggangan busi. Namun, jika sudah menempuh 6000-7000km sebaiknya ganti dengan busi yang baru.

4.Perikas Ban
Jangan lupa periksa tingkat keausan ban dan kerusakan permukaan ban. Cek apakah ada keretakan, sobekan atau benjolan. Ban yang sudah alami kerusakan berisiko meledak saat digunakan.Ganti ban jika sudah melebihi batas keausan ban (tread wire indicator) atau jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan. Pastikan tekanan angin ban selalu terjaga. Rutin cek tekanan angin ban setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kondisi ban tetap baik.

5.Rem Depan dan Belakang
Cek kondisi kampas rem apakah ketebalannya masih cukup atau sudah tipis. Jika kampas rem sudah tipis sebaik diganti dengan yang baru, apalagi jika hendak dipergunakan untuk perjalanan jauh atau mudik.

Selain lima hal di atas, kalian juga harus memperhatikan oli dan pelumasan. Sebaiknya gunakan oli baru sebelum kalian pergi mudik dan pilih pelumas yang cocok untuk motor matic. Cek kelistrikan. Pastikan lampu depan, lampu sen dan lampu rem berfungsi normal.[Jack/Ric]

Merawat motor sebelum mudik sangat penting Jack!
Komentar


*