Ricky Setiawan -
Ricky Setiawan -
Ricky Setiawan -
Kusnadi Chahyono -
Kusnadi Chahyono -
Bayu Nurpatria -
Hanggi Martyas Laksono -
Kusnadi Chahyono -

Krugger Motorcycles Ikutan Yamaha Yard Built Bedah SR400

Kusnadi Chahyono -
Krugger Motorcycles Ikutan Yamaha Yard Built Bedah SR400

BELGIA (JackBiker) — Yamaha Yard Built menyebut sebuah nama rumah modifikasi Krugger Motorcycles. Yup, juara Dunia Custombike ini ikutan meracik Yamaha SR400.

Pemilik Kruger Motorcycles, yakni Fred Krugger Bertrand tak sembarangan menelurkan ide untuk SR400 ini. Fred langsung mengontak mekanik legenda MotoGP asal Belgia yakni Bernard Ansiau yang saat ini menangani motor balap juara Dunia MotoGP Valentino Rossi.

Mempertanyakan rapor Bernard, dirinya memiliki jam terbang menangani Wayne Rainey, Kenny Roberts, Randy Mamola dan Norick Abe.

Langkah keduanya pun sepakat, “menelanjangi” SR400, kemudian memasukkan “arwah” era kejayaan Bernard dengan Yamaha TZ di tahun 1970.

Mesin SR400 mendapat senjata mutakhir berupa supercharger Aisin 300 diimbangi suplai bahan bakar berventuri 48 mm dari S&S. Sementara pipa gas buang dibuat khusus untuk SR400 supercharger ini.

Melesat untuk memantapkan akselerasi, suspensi belakang dipasangkan buatan Fox dan ban Dunlop K81, terinspirasi dari ban motor pertama Isle of Man TT yang bisa bertahan di laju 160 km/jam.

Banyak detail yang diyakini sebagai “gadget” pada speedometer, tombol yang tersembunyi di tudung kecil di bagian atas triple clamp. Sistem pengereman dan kopling dipasok dari Beringer.

Tangki bahan bakar asli dipensiunkan dan dibuat lebih pipih dan memanjang, serta bagian buritan merupakan tempat kelistrikan. Uniknya, pada bagian block terputus di tangki khas Yamaha, terdapat nama-nama pebalap yang ditangani oleh Bernard. [Jack/Kch]

Asli keren Jack!
Komentar


*