Cara Agar Cat Body Motor Tetap Kinclong

Ricky Setiawan -
Cara Agar Cat Body Motor Tetap Kinclong

JAKARTA (JackBiker) — Biar motor tetap dilirik, gak cuma mesin aja Jack yang di rawat. Body motor terutama cat juga perlu diperhatikan supaya warna cat tetap kinclong. Lalat sampe kepleset!

Merawat cat motor supaya tetap terlihat kinclong tidak harus merogoh kantong dalam-dalam Jack, intinya kita musti rajin ngelap dan nyuci motor.

Berikut Oom Jack kasih tips jitu untuk merawat cat motor agar tetap mengkilap. Tips ini dari rekan Oom Jack, namanya Wahyudi, pemilik pencucian motor di bilangan Cilandak Jakarta Selatan.

Merawat-Cat-Motor-03

Menurut Yudi, yang perlu diperhatikan saat melakukan pencucian sepedamotor harus di bawah tempat teduh.

Siram motor dan cucilah bagian yang paling kotor terlebih dahulu; ban, kolong spatbor/fender, rantai roda dan bagian mesin. Hal ini untuk meminimalisir adanya butiran pasir yang kemungkinan terbawa saat mengusap bodi motor dengan sabun.

“Gunakan sabun khusus untuk cuci bodi motor, karena kadar detergennya sudah disesuaikan.”

Pakailah sponge (busa)/lap berbeda untuk mencuci bagian bodi. Bila hanya satu, pastikan tidak ada butiran pasir yang terselip, karena bisa menyebabkan goresan halus pada permukaan cat. Jangan memaksa ditekan bila ada noda yang sulit di hilangkan.

Ketika mengeringkan gunakan lap chamois atau sering disebut Kanebo yang bersih agar permukaan cat tidak tergores dan kering dengan sempurna. Atau bila cat motor sampeyan istimewa (airbrush) bisa andalkan kain serat fiber.

Jangan terlalu sering menggunakan cairan pengkilap atau memoles  cat, bila terlalu sering lama-kelamaan lapisan cat pada body motor  akan terkikis sehingga warna cat akan menjadi pudar.

Merawat-Cat-Motor-04

Hindari gunakan variasi stiker yang terlalu lama menempel pada bodi. Paling lama 1 bulan segera copot, agar motor tidak terlihat belang. Andai gunakan cutting sticker, pastikan tukang cutting tidak menghujam langsung pisau cutter ke bodi motor.

Jika parkir hindari tempat terik, usahakan cari yang ada pepohonannya. Jika memang terpaksa parkir di tengah lapangan usahakan berikan penutup menggunakan sarung motor, toh sekarang sudah banyak toko yang menjual perlengkapan tersebut berharga murah. Motor dipakein kerudung juga meminimalisir pencurian. [Jack/Ric]

Dibikin kinclong biar bisa gak malu buat klinong-klinong...
Komentar
  1. iwan syah

    makasih ea om jack

  2. Abank Doang

    Hemm.. Berarti menjaga body motor tetap kinclong cukup cuci motor aja ya om jack.. Gak perlu pake cairan pengkilap. Saya baca blog lainnya menggunakan cairan pengkilap biar keliatan wetlook. Thanks infonya om jack.

  3. saya ingin memodifikasi motor yamaha vega zr tahun 20012

  4. tutik dwi

    siap 86…..!! tq info’nya om JACK….jd pengen buru2 ke tempat steam nih…heheheh

  5. goperness

    cara ngilangin karat sih gmana gann???????

  6. purwadi

    Motor saya baru saya menghindari lecet dengan skotlet gimana menurut OM???

  7. Slow_down

    motor saya jarang pakai sabun untuk bagian body.
    alhamdulilah lebih kinclong dari motor tetangga yang tiap hari pakai sabun. :D

    yg penting trik nyucinya, bagian body cukup pakai tangan, dan dicuci ditempat yg teduh.
    yg diberi sabun yg bagian bawah dan kolong-kolong saja


CAPTCHA Image
*