Ricky Setiawan -
Ricky Setiawan -
Wahyu Hariantono -
Kusnadi Chahyono -
Ricky Setiawan -
Ricky Setiawan -
Ricky Setiawan -
Kusnadi Chahyono -

Begini Cara Usir Suara Decit di CVT Skutik

Ricky Setiawan -
Begini Cara Usir Suara Decit di CVT Skutik

JAKARTA (JackBiker) — Suara mendecit umumnya menjadi masalah pokok pada skuter matik. Suara yang muncul dari bagian Continus Variable Transmition (CVT) itu sering kali mengganggu kenyamanan, dan lebih parah membuat performa motor jadi loyo.

Karena itu, bunyi mendecit pada CVT tak bisa terus dibiarkan. Sebab bunyi itu berasal karena adanya gesekan antara karet fan belt dengan slading save (puli). Bila dibiarkan berlanjut masalah bisa bikin lebih runyam. Nah, bicara hal tersebut, Oom Jack dapat saran dari dari Toni, mekanik kawakan Yamaha, sekaligus pemiliki bengkel Toni Jaya Motor (TJM), di bilangan Manggarai, Jakarta.

Cara Hilangkan Suara Decitan CVT 01

Diterangkan Toni, untuk mengusir suara mengganggu pada CVT dapat dilakukan dengan merekatkan mangkok kopling menggunakan lem. Hanya sesederhana itu, Jack! “Kesannya tidak masuk akal, ya? Masa kalau bunyi datang dari gesekan karet fan belt dengan puli, tapi kenapa yang dikasih lem mangkuk kopling? Tapi cobalah, Jack! Nanti juga bunyi decitan hilang,” ucap Toni.

Bagaimana cara mengelemnya? Begini, sebelum memulai siapakan amplas kasar, dan lem besi. Setelah itu, buka bagian CVT. Lakukan pengeleman pada bagian mangkuk kopling dengan lebar sekitar  3 mm. Tunggu hingga lem mengering, lalu pasang kembali. Sementara jika karet fan belt sudah terpakai 3-5 bulan amplas bagian pinggir fan belt. “Kalau fan belt masih baru gak perlu diamplas.”

Cara Hilangkan Suara Decitan CVT 02

Dijelaskan Toni, cara tersebut berlaku untuk kebanyakan jenis skuter yang ada di pasar Indonesia. Tapi Toni memastikan bahwa tips membuang bunyi decit itu efektif bila diterapkan motor matik Yamaha, seperti Yamaha Nouvo, Yamaha Mio, dan Yamaha Mio Soul. [Jack/Ric]

 

Cara yang sederhana tapi cukup tokcer, Jack!
Komentar
  1. kalo cara ngilangin suara mengaung d bagian CVT nouvo gmna om ?
    kalo pas lagi akselerasi suaranya makin berisik lagi ?

  2. refangga

    ngekemnya dimana bro

  3. Bro bengkel manggarainya disebelah mana yah..? kasus seperti bunyi terjadi di mio soul ane…minta no teleponnya kalo boleh sama pinnya thx

  4. fahrudin

    Wal Ilmu Bnagt Ni Om.. Makasih Ya ilmunya..Mio Saya Sering Bangt Bunyi Om…
    Makasih…


CAPTCHA Image
*